Tuesday, October 20, 2020

SRB LAMPUNG PERWAKILAN TULANG BAWANG BANJIR DUKUNGAN

 Oleh; Willie Anggrian

Willie Anggrian SRB Lampung Wakil Tulang Bawang


Tabiik pun...

Perjakanan menjadi Sahabat Rumah Belajar (SRB) tentu saja tidak mudah. Kami harus mengikuti seleksi di tiap levelnya. Mulai dari Bimtek PembaTIK level 1: literasi, level 2: implementasi, level 3: kreasi, dan saat ini kami berada di level 4: berbagi. Pada level ini, kami memiliki kewajiban untuk membagikan ilmu yang kami dapatkan selama Bimtek PembaTIK kepada rekan sesama pendidik. Tema yang kami emban adalah berbagi inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan layanan dari Pusdatin Kemdikbud terutama portal Rumah Belajar.

Secara pengalaman saya belum pernah menjadi pembicara di hadapan orang banyak, apalagi harus membagikan ilmu di depan rekan sejawat maupun senior yang tentu saja jadi tantangan tersendiri. Tapi itu dia sensasinya. Berbagi ilmu yang kami miliki kepada rekan guru sejawat adalah kesempatan saya untuk menjadi pribadi yang lebih bermanfaat karena disini memiliki "Surat Izin Berbagi" yang belum tentu kami dapatkan kalau tidak ikut PembaTIK sampai di level ini. Ada kebanggaan tersendiri, tentu saja.

Saya bersama SRB Lampung perwakilan Kabupaten Tulang Bawang tahun 2020 terdiri dari 5 orang, yaitu:

  1. Willie Anggrian, S.Pd. (SMPN 1 Meraksa Aji)
  2. Rahayu Wiliadnri, S.Pd, (SMPN 2 Penawartama)
  3. Ani Meitikasari, M.Pd. (SMPN 1 Gedung Aji)
  4. Murjiati, S.Pd. (SMPN 1 Rawajitu Timur)
  5. Mida Yu Restanti, S.Pd. (SMPN 2 Menggala Timur) 

semakin percaya diri untuk bisa berbagi karena kami tak berjalan sendiri. Dukungan dari rekan sejawat, pimpinan maupun dari Dinas Pendidikan hingga Bupati mengalir deras untuk kami. Hal ini menjadi vitamin semangat untuk kami terus bergerak dan berbagi inovasi pembelajaran berbasis TIK dengan memanfaatkan portal Rumah Belajar.  

SRB Lampung wakil Tulang Bawang (dari kiri ke kanan: Willie Anggrian, Rahayu Wiliandri, Murjiati, Ani Meitikasari) tanpa bu Mida Restanti yang sedang sakit pada saat itu.


Berikut ini adalah video dukungan untuk kami:

1. Dukungan dari Bupati Tulang Bawang 

Dukungan ibu Bupati Tulang Bawang DR. (Cand) Hj. Winarti, S.E., M.H. terhadap pemanfaatan Portal Rumah Belajar dalam kegiatan pembelajaran. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran sejalan dengan Program Utama Pemerintah Tulang Bawang "Bergerak Melayani Warga" yaitu dengan pemberian 1000 laptop lebih kepada guru (pendidik). Beliau juga mendukung SRB Lampung perwakilan Tulang Bawang untuk menjadi Duta Rumah Belajar (DRB) Lampung 2020.

Video dukungan dari Bupati Tulang Bawang

2. Dukungan dari Kepala Dinas Pendidikan Tulang Bawang
Bapak Nasaruddin, S.H., M.H. Kepala Dinas Pendidikan Kab. Tulang Bawang, Provinsi Lampung, mendukung penuh pemanfaatan portal Rumah Belajar, untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di kab. Tulang Bawang, beliau menghimbau kepada seluruh guru dan siswa di kab. Tulang Bawang untuk memanfaatkan Rumah Belajar sebagai portal pendukung kualitas  pembelajaran di kab. Tulang bawang. Beliau juga mendukung penuh kepada Sahabat Rumah Belajar (SRB) Perwakilan Tulang Bawang untuk maju menjadi Duta Rumah Belajar Lampung tahun 2020.

Video dukungan dari Kepala Dinas Pendidikan Tulang Bawang

3. Dukungan dari Kabid, Kasi dan segenap jajaran Dinas Pendidikan Tulang Bawang
Ibu Yohana Sriwahyuni W, S.Pd., M.Pd. Kabid PTK Dinas Pendidikan Kab. Tulang Bawang bersama Kepala Seksi (Kasi) Pak Medi Syahputra, S. Pd.I.,M.M., Bapak I Made Putra Susana, dan bu Revi beserta segenap jajaran  mendukung sepenuhnya pemanfaatan portal Rumah Belajar yang menyediakan bahan belajar dan fasilitas berbasis TIK. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran yg dapat dimanfaatkan guru, siswa, serta masyarakat luas. 

Beliau mengajak dan menghimbau seluruh Bapak/Ibu Guru di Kab. Tulang Bawang untuk memanfaatkan portal Rumah Belajar ini dalam mendukung pembelajaran di era industri 4.0. Dengan Rumah Belajar, pembelajaran dapat di lakukan dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. 

Beliau juga mendukung penuh kepada Sahabat Rumah Belajar (SRB) Lampung Perwakilan Tulang Bawang untuk maju menjadi Duta Rumah Belajar Lampung tahun 2020.

Video dukungan dari Kabid, Kasi, dan jajaran Dinas Pendidikan Tulang Bawang

4. Dukungan dari Kepala Sekolah SMPN 1 Meraksa Aji
Bapak Suprijatmoko, S.Pd. Kepala SMPN 1 Meraksa Aji mendukung Willie Anggrian, S.Pd. SRB Lampung perwakilan Tulang Bawang untuk dapat menjadi Duta Rumah Belajar Lampung tahun 2020. Beliau menghimbau para guru memanfaatkan portal Rumah Belajar khususnya Smart School Lampung Berjaya sebagai bentuk inovasi pembelajaran yg dapat dimanfaatkan guru, siswa, dan masyarakat luas.  


Video dukungan kepala sekolah


No comments:

Post a Comment

BERBAGI PENGALAMAN BERHARGA : SELEKSI DUTA RUMAH BELAJAR 2020

 Oleh: Willie Anggrian Tabiik pun... Siang itu, hari Jumat, 20 November 2020 pukul 14.33 WIB masuklah pesan berupa file undangan “202019 –...