Tuesday, October 20, 2020

JAMUAN "TAK TERDUGA" KETIKA BERBAGI INOVASI PEMBELAJARAN DI SMPN 1 GEDUNG AJI

 Oleh: Willie Anggrian

Flyer Berbagi Inovasi di SMPN 1 Gedung Aji

Tabiik pun...

Peserta PembaTIK level 4 disebut sebagai Sahabat Rumah Belajar (baca: SRB) memiliki kewajiban untuk membagikan ilmunya ke para pendidik. Setelah sebelumnya saya berbagi di kandang sendiri . Pada kegiatan berbagi kali ini saya Willie Anggrian, S.Pd. guru SMPN 1 Meraksa Aji kembali berkolaborasi dengan rekan SRB yang sama yaitu, bu Rahayu Wiliandri, S.Pd. guru SMPN 2 Penawartama dan bu Ani Meitikasari, M.Pd. guru SMPN 1 Gedung Aji. Sasaran kami adalah pendidik di SMPN 1 Gedung Aji Kabupaten Tulang Bawang, dengan mengusung tema Sahabat Rumah Belajar Lampung Berbagi: Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK dengan Portal Rumah Belajar .

Sesampainya kami di SMPN 1 Gedung Aji langsung disambut dengan hangat oleh Kepala Sekolah bapak Iwan Sulastomo, S.Pd., M.M., dan dewan guru SMPN 1 Gedung Aji. Dewan guru mengenakan seragam khas sekolah mereka, yang laki-laki  mengenakan peci tapis khas Lampung dan guru perempuan mengenakan batik Lampung warna merah dan dipadupadankan dengan jilbab tapis warna merah. Kompak sekali. Setelah beramah-tamah kami para SRB menuju ke ruang laboratorium komputer yang sudah disiapkan untuk kami melaksanakan kegiatan berbagi. 

SRB Lampung bersama Kepala SMPN 1 Gedung Aji

Hari itu, Sabtu 3 Oktober 2020 acara dibuka oleh bapak Iwan Sulastomo, S.Pd., M.M. Kepala SMPN 1 Gedung Aji. Beliau menyambut baik kegiatan ini. Beliau menyampaikan bahwa inovasi pembelajaran berbasis TIK sangat diperlukan guna memberikan pelayanan terbaik kepada siswa khususnya di masa pandemi dimana para siswa belajar dari rumah. apalagi ada SRB Lampung yang merupakan guru dari sekolah mereka yaitu ibu Ani Meitikasari, M.Pd. Dengan terang beliau menyatakan dukungannya kepada gurunya agar terus berkembang dan meraih prestasi yang tentunya akan membawa nama harum untuk sekolah yang beliau pimpin. Beliau berharap dewan guru lainnya dapat semakin termotivasi untuk terus berkembang dan mengasah diri sesuai dengan minat dan bakat dari masing-masing.

Pembukaan Acara oleh bapak Iwan Sulastomo, S.Pd., M.M. Kepala SMPN 1 Gedung Aji

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan mengenai Kuota Belajar dan Kebijakan Pendidikan yang disampaikan oleh ibu Ani Meitikasari, M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa guru dan siswa mendapatkan bantuan kuota data internet dari pemerintah yang bertujuan agar dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran. Ibu Ani juga menyampaikan bahwa bantuan kuota belajar dapat digunakan untuk mengakses beberapa laman dan aplikasi, termasuk portal Rumah Belajar

Pemaparan oleh Ani Meitikasari, M.Pd.

Pemaparan kedua mengenai SIMPATIK dan PembaTIK yang disampaikan oleh saya sendiri Willie Anggrian, S.Pd. Saya menyampaikan mengenai pentingnya guru mengikuti kegiatan Pengembangan Kepribadian Berkelanjutan (PKB) misalnya melalui Sistem Informasi Manajemen Pelatihan Berbasis TIK (SIMPATIK) yang dimiliki oleh Pusat Data Teknologi dan Informasi Kemdikbud. Kegiatan pengembangan diri yang dapat diikuti contohnya adalah Bimtek Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK). Para guru dapat mengakses laman SIMPATIK melalui simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/ dengan melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu.

Pemaparan oleh bapak Willie Anggrian, S.Pd.

Pemaparan ketiga mengenai portal Rumah Belajar yang disampaikan oleh ibu Rahayu Wiliandri, S.Pd. Beliau menyampaikan mengenai fitur-fitur apa saja yang terdapat pada portal Rumah Belajar dan bagaimana cara memanfaatkannya. Pada kegiatan ini guru dan para SRB bersama-sama praktik langsung cara mengakses portal Rumah Belajar, baik melalui laman maupun aplikasi yang mereka download dari playstore.

Pemaparan oleh ibu Rahayu Wiliandri, S.Pd.

Para peserta kegiatan yang semuanya adalah guru sangat tertarik mengeksplore segala fitur Rumah Belajar seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Bank Soal, BSE, Peta Budaya, Karya Baasa dan Sastra dan fitur-fitur lain yang menurut mereka bisa dimanfaatkan sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Kami para SRB dengan antusias mendampingi mereka dalam mengeksplore portal Rumah Belajar.  

Dewan guru SMPN 1 Gedung Aji menyimak pemaparan SRB Lampung


Salah seorang guru yang sedang memanfaatkan sumber belajar


SRB lampung mendampingi guru dalam mengeksplore portal Rumah Belajar

SRB lampung mendampingi guru dalam mengeksplore portal Rumah Belajar

Peserta yang hadir pada kegiatan berbagi kali ini berjumlah 24 orang guru.

Daftar hadir kegiatan berbagi inovasi di SMPN 1 Gedung Aji


Setelah selesai acara berbagi hari ini tuan rumah kemudian menyuguhkan makan siang untuk kami dan seluruh dewan guru. Yes, kami makan siang bersama. Setelahnya kami berpamitan untuk kembali ke rumah, dan masya Allah kami masih dibawakan oleh-oleh untuk bisa kami bawa pulang. Jujur...kami sangat terharu atas apa yang diberikan oleh tuan rumah yaitu keluarga besar SMPN 1 Gedung Aji. Bahkan kami sudah diberi izin untuk bisa melakukan kegiatan berbagi inovasi pembelajaran yang kami miliki di sekolah saja sudah sangat berbahagia, tapi ini melebihi dari apa yang sudah kami bayangkan sebelumnya. Nikmat mana lagi yang akan kami dustakan??? Semoga apa yang kita lakukan hari itu menjadi berkah untuk kita semua. Salam sehat dan umur panjang semua.... terima kasih banyak, kami tak akan pernah melupakan pengalaman ini.

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia.



No comments:

Post a Comment

BERBAGI PENGALAMAN BERHARGA : SELEKSI DUTA RUMAH BELAJAR 2020

 Oleh: Willie Anggrian Tabiik pun... Siang itu, hari Jumat, 20 November 2020 pukul 14.33 WIB masuklah pesan berupa file undangan “202019 –...