Wednesday, October 21, 2020

KOLABORASI BERBAGI DI HADAPAN GURU HEBAT DARI 3 SEKOLAH BERBEDA

Oleh: Willie Anggrian


Tabiik pun...

Pagi itu, Senin tanggal 12 Oktober 2020 saya bersama istri saya sekaligus rekan kolaborasi berangkat menuju SMPN 1 Penawartama. Disana kami Sahabat Rumah Belajar (SRB) Lampung akan melakukan kegiatan Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Memanfaatkan Portal Rumah Belajar di hadapan bapak/ibu guru hebat dari 3 sekolah yang berbeda. Setibanya di sekolah tujuan kami disambut oleh ibu Asmariah, S.Pd. kepala sekolah dan dewan guru di SMPN 1 Penawartama. Kami membincangkan mengenai kegiatan apa saja yang akan kami laksanakan. Kemudian, sembari menunggu para peserta kami meminta izin untuk cek lokasi kegiatan yang kebetulan kami diberi ruang yang sangat besar yaitu di aula sekolah.

Kegiatan ini dihadiri oleh ibu Siti Wardiyatmi, S.Pd.,M.M. Pengawas Pembina Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang, Ibu Asmariah Kepala SMPN 1 Penawartama (selaku tuan rumah), bapak Drs. Made Suardana Kepala SMK Plus Sebelas Mei Penawartama, bapak Jumadi, S.Pd. Kepala SMPN 3 Penawartama, bapak Rustoyo, S.Pd. Kepala SMPN 1 Gedung Aji Baru, dan para guru hebat dari 3 sekolah yang berbeda, yaitu:

  1. SMPN 1 Penawartama 
  2. SMPN 3 Penawartama
  3. SMK Plus Sebelas Mei Penawartama. 

Kegiatan dilaksanakan secara tatap muka dengan mengedepankan protokol kesehatan cegah penularan Covid-19. Pemisahan kursi dengan jarak lebih dari 1 meter, pakai masker, cuci tangan pakai sabun adalah protokol yang harus dipatuhi oleh seluruh peserta.  

Kegiatan dimulai oleh ibu Irya Natalia, S.Pd. sebagai pembawa acara, tak lupa untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian acara dibuka oleh ibu Siti Wardiyatmi, S.Pd.,M.M. Pengawas Pembina Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang. Dalam sambutannya beliau mendukung seluruh kegiatan guru dalam rangka pengembangan kompetensi diri, terutama berkaitan dengan upaya peningkatan mutu di dunia pendidikan. Disampaikan pula bahwa para SRB Lampung khususnya wakil dari Tulang Bawang adalah contoh nyata dari kegiatan peningkatan kompetensi yang bisa diikuti oleh seluruh guru. Beliau juga berharap agar ke depan semakin banyak guru yang berkembang dan berprestasi khususnya di wilayah binaannya. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ibu Asmariah, S.Pd. Kepala SMPN 1 Penawartama. Beliau menyampaikan rasa senangnya bisa dipercaya menjadi tuan rumah acara kegiatan berbagi yang dilaksanakan oleh SRB lampung. Beliau berharap para peserta yang semuanya adalah guru, dapat memanfaatkan kesempatan itu untuk sebanyak-banyaknya menimba ilmu khususnya mengenai bagaimana cara berinovasi dalam pembelajaran yang berbasis TIK memanfaatkan portal Rumah Belajar.

Menyanyikan lagu Indonensia Raya

Pembukaan oleh ibu Siti Wardiyatmi, S.Pd.,M.M.
 
Peserta kegiatan berbagi inovasi di SMPN 1 Penawartama

Pemaparan pertama disampaikan saya sendiri Willie Anggrian, S.Pd. guru SMPN 1 Meraksa Aji yaitu mengenai SIMPATIK dan PembaTIK. Peningkatan kompetensi berkelanjutan (PKB) adalah salah satu tanggung jawab bagi seorang pendidik. Pemerintah melalui Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemdikbud menyediakan Sistem Informasi Manajemen Pelatihan Berbasis TIK (SIMPATIK) yang dapat diakses pada laman simpatik.belajar.kemdikbud.go.id. Pada laman SIMPATIK guru maupun tenaga kependidikan dapat mengikuti pelatihan maupun Bimtek yang tersedia. Salah satu bimtek yang dapat diikuti adalah Bimtek Pembelajaran berbasis TIK atau biasa disebut PembaTIK. Selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat, peserta juga akan bisa bergabung bersama guru lainnya di seluruh Indonesia, dan yang paling dinanti adalah Pusdatin Kemdikbud juga menyediakan e-sertifikat yang tentunya bisa digunakan dalam mengurus kenaikan pangkat. Pada kesempatan itu saya mendampingi para guru untuk mendaftarkan dirinya di laman SIMPATIK sehingga kelak guru bisa mengikuti kegiatan pelatihan yang sesuai dengan yang mereka inginkan.

Willie Anggrian, S.Pd. sedang memaparkan materi

Pemaparan kedua disampaikan oleh bu Rahayu Wiliandri, S.Pd. guru SMPN 2 Penawartama yaitu mengenai portal Rumah Belajar. Pada kesempatan itu bu Rahayu Wiliandri memaparkan fitur-fitur pada portal Rumah Belajar yang tentunya bisa dimanfaatkan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran baik daring maupun luring. Beliau juga mengajak para guru untuk mendaftarkan diri pada kelas maya Smart School Lampung Berjaya yang merupakan LMS (Learning management system) milik Provinsi Lampung yang baru saja dikeluarkan pada tahun 2019 oleh bapak Gubernur. Kelas Maya ini juga terintegrasi dengan portal Rumah Belajar karena merupakan hasil kerja sama Pemerintah Provinsi dengan Pusdatin kemdikbud. 

Rahayu Wiliandri, S.Pd. sedang memaparkan materi

Setelah selesai melaksanakan pemaparan 2 materi tadi, kami para SRB Lampung mengakhiri kegiatan dengan mengadakan doorprize berupa quiz evaluasi ringan menggunakan Kahoot agar suasana tetap santai dan menyenangkan. Peserta sangat antusias mengikuti quiz, selain memang ingin menguji atas apa yang baru saja mereka dapatkan, peserta yang rangking 1 akan mendapatkan hadiah dari kami SRB Lampung.

Pelaksanaan Quiz evaluasi

Ibu Ajeng RN guru SMPN 3 penawartama pemenang Quiz Evaluasi
 

Setelah pelaksanaan kegiatan evaluasi, kami beserta seluruh peserta makan siang bersama. Alhamdulillah...

Untuk diketahui bahwa jumlah peserta pada kegiatan kali ini berjumlah 52 orang guru, yang terdiri dari:

  • 27 guru dari SMPN 1 Penawartama
  • 14 guru dari SMPN 3 Penawartama
  • 11 guru dari SMK Plus Sebelas Mei Penawartama

Daftar hadir SMK Plus Sebelas Mei Penawartama

Daftar hadir SMPN 3 Penawartama

Daftar hadir SMPN 1 Penawartama


Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia.



No comments:

Post a Comment

BERBAGI PENGALAMAN BERHARGA : SELEKSI DUTA RUMAH BELAJAR 2020

 Oleh: Willie Anggrian Tabiik pun... Siang itu, hari Jumat, 20 November 2020 pukul 14.33 WIB masuklah pesan berupa file undangan “202019 –...