Thursday, October 15, 2020

COACHING SRB LAMPUNG LANCAR JAYA

 Oleh: Willie Anggrian

PembaTIK 2020


Tabiik pun,

PembaTIK 2020 dilaksanakan dengan 4 level mengacu pada literasi TIK guru dari UNESCO, yaitu literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi. Setiap level memiliki kegiatan yang berbeda-beda. Pada level 1: literasi yaitu pengenalan perangkat TIK dasar, internet bijak, sehat dan aman, internet untuk pembelajaran, aplikasi pembelajaran terbuka. Pada level 2: implementasi yaitu penerapan pembelajaran abad 21, fitur-fitur rumah belajar, pemanfaatan TV edukasi, M-edukasi, suara edukasi, integrasi kelas dengan TIK. Pada level 3: kreasi yaitu media pembelajaran berteknologi digital, pembuatan video pembelajaran, pembuatan multimedia interaktif, dan inovasi pembelajaran dengan TIK. Pada level 4: berbagi yaitu penulisan artikel Rumah Belajar, strategi berbagi, komunikasi efektif pemanfaatan konferensi video.
Peserta PembaTIK 2020


Level 4 adalah level tertinggi dari kegiatan Bimtek PembaTIK yang juga merupakan tahap seleksi Duta Rumah Belajar (DRB). Pada tahap ini peserta akan melaksanakan kegiatan berupa kuliah umum, kelas daring, coaching, dan terakhir seleksi Duta Rumah Belajar.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan pada level 4 adalah coaching. Kegiatan coaching adalah pembimbingan terkait materi dan tugas pembaTIK level 4. Pelaksanaan tahun ini adalah secara daring, mengingat negara kita sedang masa pandemi Covid-19, sehingga kegiatan tatap maya menjadi pilihan terbaik. Coaching dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan zoom meeting di setiap provinsi. Sesuai dengan jadwal provinsi Lampung masuk dalam gelombang 5 bersama Jawa Barat, Kalimantan Timur, NTB dan Sulawesi Tenggara yaitu pada tanggal 8 sampai dengan 10 Oktober 2020.

Jadwal Coaching PembaTIK Level 4

Sesuai dengan jadwal, kegiatan pembukaan dilaksanakan secara daring bersama 5 provinsi (Lampung, Jawa Barat, Kalimantan Timur, NTB, dan Sulawesi Tenggara) oleh Pusdatin Kemdikbud. Ibu Dra. Ohorella Erma, M.Ikom selaku Kepala Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) Pusdatin Kemdikbud yang membuka acara coaching PembaTIK level 4 gelombang 5.
Dra. Ohorella Erma, M.Ikom Kepala BPMRPK Pusdatin

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan Kebijakan Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran oleh Pusdatin.

Para peserta coaching kemudian dilakukan breakout room provinsi, sehingga para peserta akan masuk di room (kelas) masing-masing berdasarkan provinsi. Setelah masuk di room per provinsi kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan mengenai Penjaminan Mutu Pendidikan oleh Bapak Drs. Zukirman, M.M. Kepala LPMP Lampung. Beliau menjabarkan dengan sangat jelas mengenai Konsep Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) sesuai dengan Permendikbud no 28 tahun 2016.
 
Drs. Zukirman, M.M. Kepala LPMP Lampung

Setelah itu pemaparan berikutnya mengenai implementasi pemanfaatan TIK di dinas daerah oleh Bapak Medi Sukarna, S.Kom. dari UPTD Balai Teknologi, Informasi, dan Komunikasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung. Beliau menyampaikan bahwa dinas daerah Lampung sudah memiliki pelayanan TIK diantaranya berupa Konten Audio dan Streaming (Radio Edukasi), Konten Video dan Chanel Youtube (Layanan BPTP Chanel Youtube), Multimedia Mobile (Kaganga dan Warahan), dan Learning Management Sistem (LMS) Smart School Lampung Berjaya yang terintegrasi dengan Portal Rumah Belajar bekerja sama dengan Pusdatin Kemdikbud.


Medi Sukarna, S.Kom UPTD Balai TIK Lampung

Kemudian di sesi terakhir hari pertama hari Kamis, tanggal 8 Oktober 2020 Pendalaman Materi dan Pembimbingan Implementasi TIK untuk Pembelajaran oleh bapak Drs. Bambang Warsita, M.Pd. (PTP Pusdatin) yang memaparkan Tips dan Trik Teknik Penulisan. Beliau menyampaikan bahwa "Hanya Manusia Primitif yang Tak Menulis". Beliau menjabarkan diantaranya mengenai jenis tulisan, bagaimana cara menulis artikel agar menarik dan bermutu, cara menjaga motivasi menulis artikel, dan lain sebagainya dengan jelas dan menarik berdasarkan pengalaman dan ilmu beliau sebagai penulis.

Hari berikutnya adalah giliran para Sahabat Rumah Belajar (SRB) Lampung presentasi mandiri mengenai profil pribadi, pengalaman kerja, portofolio (karya dan prestasi), motivasi menjadi DRB, dan rencana tindak lanjut (action plan). Di hari sebelumnya Bapak Mirwan Saputra, S.Pd.,GR DRB Lampung 2019 telah menyampaikan nomor urut peserta.

Mulai dari SRB pertama hingga terakhir para SRB mempresentasikan profil dirinya masing-masing dan apa saja action plan yang telah dan akan dilaksanakan. Paling utama dari presentasi yang menjadi fokus adalah action plan setiap SRB.Kegiatan tersebut disaksikan langsung oleh "Kepala Sekolah" PembaTIK yaitu bapak Arief Darmawan, S.T.,M.Pd., dari Pusdatin lainnya ada bapak Drs. Bambang Warsita, M.Pd., Bapak M. Shaleh Ayubi dan Bu Desi, kemudian dari LPMP Lampung ada ibu Diana Sari Dj, S.Si., M.T., dan para DRB Lampung; bapak Wahyudi, S.Kom; ibu Yuni Sudiasih, S.Pd.; dan bapak Mirwan Saputra, S.Pd.,GR. Dan seluruh Sahabat Rumah Belajar (SRB) Lampung tahun 2020. Masukan dari para instruktur membuat rencana yang dibuat semakin jelas dan matang. Berikut ini sedikit contoh dari kegiatan presentasi para SRB Lampung 2020:
 
Willie Anggrian: Action plan

Willie Anggrian; Portofolio Prestasi
Rahayu Wiliandri: Pengalaman Kerja
Hari Rahmadi: Presentasi

Dari kegiatan tersebut nampak jelas bahwa Sahabat Rumah Belajar (SRB) Lampung terpilih adalah guru-guru yang memiliki kompetensi yang sangat baik, tercermin dari prestasi dan karya yang mereka miliki, serta memiliki perencanaan yang jelas mengenai apa saja yang akan dilaksanakan sebagai Sahabat Rumah Belajar (SRB) Lampung sebagai upaya memBAGIkan inovasi pembelajaran berbasis TIK menggunakan portal Rumah Belajar dalam mendukung program Merdeka Belajar di dunia pendidikan. SRB lampung juga punya tanggung jawab dalam membumikan Rumah Belajar agar semua guru, siswa dan orang tua menerima manfaat yang sama dari layanan yang diberikan pemerintah melalui portal yang disediakan oleh Pusdatin kemdikbud.

Setelah foto bersama secara maya (virtual), akhirnya tuntas juga pelaksanaan coaching selama 3 hari, sejak tanggal 8 - 10 Oktober 2020 tanpa kendala yang berarti. Hanya jaringan yang tidak stabil yang membuat kami para peserta sedikit bekerja keras. 


Coaching SRB Lampung


Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia.


Baca juga:


4 comments:

  1. Sukses selalu Pak Willy...semangat berbagi untuk kemajuan pendidikan di indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...terima kasih banyak bu Evi, sukses dan sehat selalu untuk ibu

      Delete
  2. Keren dan mantap betul Pak Willi litersinya, semngat berbagi, semoga sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, terima kasih.
      Sukses selalu untuk sampean

      Delete

BERBAGI PENGALAMAN BERHARGA : SELEKSI DUTA RUMAH BELAJAR 2020

 Oleh: Willie Anggrian Tabiik pun... Siang itu, hari Jumat, 20 November 2020 pukul 14.33 WIB masuklah pesan berupa file undangan “202019 –...