Thursday, July 26, 2012

Judul Skripsi: Analisis Pembelajaran Fisika Berdasarkan Standar Proses




ABSTRAK


Anggrian, Willie. 2011. Analisis Pembelajaran Fisika Berdasarkan Standar Proses di SMP Negeri 2 Gunung Sugih Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing; (1) Drs. Purwiro Harjati, M.Pd. (2) Dr. Nyoto Suseno, M.Si.

Kata kunci: Pembelajaran Fisika, Standar Proses

Rendahnya hasil pembelajaran siswa tidak terlepas dari lemahnya proses pembelajaran yang dikembangkan guru. Proses pembelajaran yang terjadi di kelas dilaksanakan sesuai dengan kemampuan dan selera guru. Kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran tidak merata sesuai dengan latar belakang pendidikan guru serta motivasi dan kecintaan mereka terhadap profesinya. Dalam rangka inilah standar proses pendidikan dikembangkan. Melalui standar proses pendidikan setiap guru dapat mengembangkan proses pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu yang ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyusunan perencanaan pembelajaran, pemenuhan persyaratan pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian dalam pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran fisika di kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Sugih apakah sesuai dengan standar proses dalam Permendiknas No 41 Tahun 2007. Fokus pada penelitian ini adalah pembelajaran fisika berdasarkan standar proses yang mencakup empat aspek yaitu perencanaan pembelajaran, persyaratan pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik triangulasi digunakan untuk pengecekan keabsahan data agar dapat dipertanggungjawabkan dari berbagai segi. Triangulasi data dilakukan terhadap data yang diperoleh dari tiga metode yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Triangulasi juga dilakukan melalui 3 (tiga) sumber yang berbeda dalam wawancara yaitu dengan mengkonfrontasikan hasil wawancara terhadap guru, siswa, dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fisika di SMP Negeri 2 Gunung Sugih belum seluruhnya sesuai dengan standar proses dalam Permendiknas No 41 Tahun 2007. Aspek yang telah sesuai adalah persyaratan pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan untuk persyaratan pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran belum sesuai dengan standar proses. 

4 comments:

BERBAGI PENGALAMAN BERHARGA : SELEKSI DUTA RUMAH BELAJAR 2020

 Oleh: Willie Anggrian Tabiik pun... Siang itu, hari Jumat, 20 November 2020 pukul 14.33 WIB masuklah pesan berupa file undangan “202019 –...