ABSTRAK
Anggrian, Willie. 2011. Analisis Pembelajaran Fisika Berdasarkan
Standar Proses di SMP Negeri 2 Gunung Sugih Tahun Pelajaran 2010/2011.
Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing; (1) Drs. Purwiro Harjati, M.Pd. (2)
Dr. Nyoto Suseno, M.Si.
Kata kunci: Pembelajaran Fisika, Standar Proses
Rendahnya hasil pembelajaran siswa tidak terlepas
dari lemahnya proses pembelajaran yang dikembangkan guru. Proses pembelajaran
yang terjadi di kelas dilaksanakan sesuai dengan kemampuan dan selera guru.
Kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran tidak merata sesuai dengan latar
belakang pendidikan guru serta motivasi dan kecintaan mereka terhadap
profesinya. Dalam rangka inilah standar proses pendidikan dikembangkan. Melalui
standar proses pendidikan setiap guru dapat mengembangkan proses pembelajaran
sesuai dengan rambu-rambu yang ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui penyusunan perencanaan pembelajaran, pemenuhan persyaratan
pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian dalam
pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran fisika di kelas VII SMP Negeri 2
Gunung Sugih apakah sesuai dengan standar proses dalam Permendiknas No 41 Tahun
2007. Fokus pada penelitian ini adalah pembelajaran fisika berdasarkan standar
proses yang mencakup empat aspek yaitu perencanaan pembelajaran, persyaratan
pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian hasil
pembelajaran. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah observasi,
dokumentasi, dan wawancara. Teknik triangulasi digunakan untuk pengecekan
keabsahan data agar dapat dipertanggungjawabkan dari berbagai segi. Triangulasi
data dilakukan terhadap data yang diperoleh dari tiga metode yaitu observasi,
dokumentasi, dan wawancara. Triangulasi juga dilakukan melalui 3 (tiga) sumber
yang berbeda dalam wawancara yaitu dengan mengkonfrontasikan hasil wawancara
terhadap guru, siswa, dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fisika di SMP Negeri 2 Gunung Sugih
belum seluruhnya sesuai dengan standar proses dalam Permendiknas No 41 Tahun
2007. Aspek yang telah sesuai adalah persyaratan pelaksanaan pembelajaran.
Sedangkan untuk persyaratan pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran,
dan penilaian hasil pembelajaran belum sesuai dengan standar proses.
nice blog gan
ReplyDeletethanks gan
ReplyDeleteBro, boleh minta filenya buat kajian teori terdahulu skripsi saya?
ReplyDeleteUntuk soft copy belum bisa saya share :)
ReplyDeletetapi kalau skripsi cetak silahkan dibaca...