ABSTRAK
Kartika Sari, Lisa. 2011. Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Minat
Baca Siswa dengan Hasil Belajar Fisika Kelas VII Semester Genap Tahun Pelajaran
2010/2011. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing; (1) Drs. Partono,
M.Pd. (2) Drs. Purwiro Harjati, M.Pd.
Kata kunci: Motivasi belajar, minat baca, hasil
belajar fisika siswa
Pendidikan pada hakekatnya
merupakan proses untuk membantu dalam pengembangan dirinya sehingga mampu
menghadapi segala perubahan dan permasalahan dengan sikap terbuka serta
pendekatan kreatif tanpa kehilangan identitas diri. Untuk menjadikan anak didik
sebagai pelajar yang berprestasi baik, memang tidak mudah banyak syarat yang
harus dipenuhi.
Motivasi tinggi dianggap akan
menimbulkan minat siswa atau merangsang siswa dalam mempelajari dan menguasai
pelajaran fisika. Yang dalam hal ini harus diawali dengan membaca buku tentang
ilmu fisika, apabila buku-buku bacaan tersedia lengkap maka minat siswa untuk
mempelajari dan menguasai pelajaran fisika pun meningkat.
Tujuan penelitian ini adalah: (1)
Untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar fisika,
(2) Untuk mengetahui hubungan antara minat baca dengan hasil belajar fisika,
dan (3) Untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan minat baca dengan
hasil belajar fisika siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 7 Metro tahun
pelajaran 2010/2011.
Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 7 Metro tahun pelajaran
2010/2011 sebanyak 35 siswa. Data motivasi belajar dan minat baca adalah data
primer sedangkan data hasil belajar siswa adalah data sekunder. Teknik
pengambilan data yang digunakan adalah metode angket untuk mengumpulkan data
tentang motivasi belajar dan minat baca siswa dan metode dokumentasi untuk
memperoleh data tentang hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Ada hubungan yang berarti
antara motivasi belajar dengan hasil belajar fisika. Hal ini terlihat pada
taraf signifikansi α = 5% didapatkan thit > tdaf
dengan nilai koefisien korelasi ry1.2 = 0,3863 dan nilai koefisien
determinasi parsial r2y1.2 = 0,1492, (2) Ada hubungan
yang berarti antara minat baca siswa dengan hasil belajar fisika. Hal ini
terlihat pada taraf signifikansi α = 5% didapatkan thit >tdaf
dengan nilai koefisien korelasi ry2.1 = 0,5499 dan nilai koefisien
determinan parsial sebesar r2y2.1 = 0,3024, (3) Ada
hubungan yang berarti antara motivasi belajar dan minat baca siswa dengan hasil
belajar fisika. Hal ini terlihat pada taraf signifikansi α = 5% didapatkan fhit
> fdaf artinya nilai koefisien korelasi R = 0,6119 dan nilai
koefisien determinan sebesar R2 = 0,3745 artinya kontribusi motivasi
belajar dan minat baca siswa secara bersama-sama sebesar 37,45% dalam
meningkatkan hasil belajar fisika.
No comments:
Post a Comment