Sunday, September 18, 2011

Rumus Konversi atau Merubah Suhu Celcius, Fahrenheit, Reamur, dan Kelvin

Terdapat 4 jenis satuan suhu/temperatur yang sering dipakai di seluruh dunia yaitu Celcius, Reamur, Fahrenheit, dan Kelvin. Satuan Internasional untuk satuan suhu adalah Kelvin karena pada suhu 0 Kelvin, energi atom berada pada level paling rendah (minimum). Tidak ada lagi kuantum energi yang lebih rendah yang bisa dimiliki oleh sebuah atom selain level energi tersebut.


Untuk merubah/konversi suhu ke berbagai satuan, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

A. Rumus merubah celcius ke kelvin
= Celcius + 273,15
B. Rumus merubah celcius ke reamur
= Celcius x 0,8
C. Rumus merubah reamur ke celcius
= Rheamur x 1,25
D. Rumus merubah celcius ke fahrenheit
= (Celcius x 1,8) + 32
E. Rumus merubah fahrenheit ke celcius
= (Fahrenheit – 32) / 1,8
F. Rumus merubah rheamur ke fahrenheit
= (Rheamur x 2,25) + 32
Yang perlu kita ketahui adalah perbandingan suhu antara celcius, reamur dan fahrenheit adalah 5 : 4 : 9. Khusus untuk farenheit perlu ditambah 32 untuk perubahnnya. Perubahan lain bisa melakukan penyesuaian rumus di atas.
Tambahan :

  • Satuan derajat temperatur suhu adalah dengan lambang derajat, yaitu pangkat nol setelah angka suhu dan diikuti dengan jenis standarnya. Misalnya C untuk celcius, R untuk reamur dan F untuk fahrenheit. Namun untuk Kelvin tidak membutuhkan pangkat nol setelah angka satuan suhu.
  • Alat untuk mengukut temperatur suhu memiliki nama termometer. Termometer adalah tabung kaca yang didalamnya terdapat cairan raksa atau alkohol. Semakin rendah suhu maka cairan raksa maupun alkohol akan menciut dan mengembang jika suhu kian tinggi.
  • Masalah suhu biasanya dipelajari pada mata pelajaran ipa fisika dan kimia.

No comments:

Post a Comment