Saturday, July 16, 2011

PEMANFAATAN BIJI NANGKA


PEMANFAATAN BIJI NANGKA SEBAGAI ALTERNATIF
PENGGANTI TEPUNG TERIGU DENGAN KUALITAS DAN GIZI
TINGGI

WILLIE ANGGRIAN
KOTAGAJAH, LAMPUNG TENGAH


RINGKASAN
Di tengah permasalahan Lampung Tengah akan kebutuhan tepung terigu, diperlukan solusi untuk mengurangi ketergantungan masyarakat akan bahan tersebut. Salah satunya adalah memanfaatkan bahan alami berupa biji nangka menjadi tepung sebagai alternatif pengganti tepung terigu. Biji nangka yang hanya sebagai limbah dapat dimafaatkan menjadi bahan dengan nilai guna yang lebih tinggi.
Dengan tulisan ini, diharapkan dapat memberikan gagasan kepada masyarakat untuk memanfaatkan biji nangka. Setelah melakukan analisis masalah ini, maka melalui pengumpulan data dan bahan yang relevan, gagasan tadi dapat disusun.
Pengolahan tepung dari biji nangka ini tetap mudah dan praktis karena bahan baku yang mudah didapatkan serta murah, dan tidak memerlukan alat-alat khusus. Melalui tahapan seperti perendaman, pemerasan, dan pengeringan, akan dapat dihasilkan bahan tepung dengan kualitas yang baik. Bila dilihat dari sisi kandungan gizi yang tetap akan terjaga meskipun telah melewati berbagai proses.
Biji nangka tidak mengandung gluten seperti yang dikandung gandum, karena nangka merupakan tumbuhan dari jenis serealia, sehingga tepungnya aman untuk dikomsumsi segala kalangan. Kandungan protein yang tinggi dari bijinya dapat diunggulkan untuk menghasilkan produk yang berkualitas.
Melalui kemitraan dengan pemerintah dan pihak-pihak terkait diharapkan sosialisasi akan keunggulan nangka dapat diperluas. Diperlukan dukungan penuh dari semua pihak, agar upaya untuk memanfaatkan tanaman nangka lebih maksimal, dan akhirnya menciptakan terwujudnya ketahanan pangan di Lampung Tengah.

No comments:

Post a Comment