Wednesday, September 23, 2020

Fitur Portal Rumah Belajar Kemendikbud


Tabiik pun,

Rumah Belajar adalah portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar dan fasilitas komunikasi dan interaksi antar komunitas. Rumah Belajar ditujukan untuk siswa, guru dan masyarakat luas dimanapun dan kapanpun. Sesuai dengan motto Rumah Belajar yaitu "Belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja".

A. Fitur utama di Rumah Belajar antara lain:

1. Sumber Belajar

Sumber Belajar menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik. Sumber Belajar disajikan dalam gambar, video, animasi, simulasi, dan permainan (game online) 

2. Bank Soal

Bank Soal adalah fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar. Tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan.

3. Kelas Maya
Kelas Maya di dalam Rumah Belajar merupakan sebuah Learning management system (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi terjadinya pembelajaran online (daring) antara guru dan siswa dimana saja dan kapan saja.

4. Laboratorium Maya 

Laboratorium Maya adalah fitur simulasi praktikum laboratorium yang ada disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum.

B. Fitur pendukung di Rumah Belajar antara lain:

1. Buku Sekolah Elektronik (BSE) 

Buku Sekolah Elektronik disebut juga BSE, adalah inisiatif dari Kemendikbud yang bertujuan untuk menyediakan buku ajar elektronik untuk tingkat pendidikan dari SD, SMP, SMA dan SMK. Pemerintah (Kemendikbud) melalui Pusat Perbukuan membeli hak cipta buku-buku sekolah di berbagai jenjang pendidikan kemudian buku tersebut diunggah ke website. WEB BSE merupakan situs yang menyajikan buku dengan format .pdf yang dapat dibaca secara online atau dapat diunduh kemudian dibaca offline melalui portal Rumah Belajar.

2. Peta Budaya

Peta Budaya merupakan fitur yang tersedia di dalam portal Rumah Belajar. Peta Budaya merupakan kumpulan budaya dari seluruh Indonesia. Peta Budaya disajikan dalam gambar, video, animasi, dan permainan (game online)  

3. Wahana Jelajah Angkasa

Wahana Jelajah Angkasa, fitur ini adalah tur virtual dengan medan turnya adalah luar angkasa. Fitur ini memanfaatkan program Worldwide Telescope (WWT) dengan bahasa pengoperasian utamanya disajikan dalam Bahasa Inggris. Penggunaanya mudah dan praktis. 

4. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan atau biasa disebut PKB. Fitur ini mencakup kegiatan pendidikan dan pelatihan yang dapat diambil oleh guru, tenaga kependidikan dan aparatur sipil negara secara online. Fitur ini terdiri dari rangkaian diklat sesuai dengan bidang kompetensi yang ingin ditingkatkan.   

5. Karya Bahasa dan Sastra

Karya Bahasa dan Sastra merupakan fitur yang memberikan banyak pilihan buku cerita yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat baca anak. Fitur ini terdiri atas 3 konten yaitu prosa, puisi dan referensi.

6. Edugame

Bermain sambil belajar dengan fitur edugame Rumah Belajar, fitur ini menyediakan beragam gim (permainan) interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh siswa baik secara mandiri maupun dengan bimbingan guru atau orang tua. Permainan yang disediakan telah dirancang untuk membantu siswa memahami konsep dasar dari materi yang disajikan. 



Merdeka belajarnya, Rumah Belajar portalnya, maju Indonesia!

Sumber referensi:
https://belajar.kemdikbud.go.id/
http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/uploads/tipe_pelatihan/5cd1ae27a347704fc7bd6cc0f533cfc2.pptx
http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/uploads/tipe_pelatihan/80c2c010011b10ce0aa1e51a76bbfbd1.pdf

#MerdekaBelajar #RumahBelajar #DutaRumahBelajar #SahabatRumahBelajar #DRBLampung #SRBLampung #PembaTIKlevel4 #DRB2020 #PembatikBerbagi #FiturRumahBelajar #PortalRumahBelajar 


8 comments:

  1. Replies
    1. terima kasih bu, sukses selalu juga untuk bu Melodi.

      Delete
  2. Mantap rumah belajar, sukses selalu pak willie

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin...terima kasih pak Irvan. Jangan lupa manfaatkan portal Rumah Belajar untuk kegiatan belajar ya pak...kenalkan ke ssiwanya juga karena ini aplikasi pembelajaran yang bagus dan gratis. Sukses selalu juga untuk pak Irvan

      Delete
  3. Keren dan sangat menginspirasi...sukses slalu Pak Willy

    ReplyDelete

BERBAGI PENGALAMAN BERHARGA : SELEKSI DUTA RUMAH BELAJAR 2020

 Oleh: Willie Anggrian Tabiik pun... Siang itu, hari Jumat, 20 November 2020 pukul 14.33 WIB masuklah pesan berupa file undangan “202019 –...