Wednesday, February 1, 2017

SIRUP BUAH NAGA WITH HONEY



ABSTRAK

Anggrian, Willie dan Rahayu Wiliandri. 2015. Sirup Buah Naga with Honey Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Daerah. Makalah TTG, Kabupaten Tulang Bawang.

Kata kunci: Sirup, Buah Naga,  Madu, Ekonomi Daerah

Sirup biasanya berbahan dasar buah yang menyegarkan dengan banyak jenis varian rasa. Bukan tidak mungkin buah naga yang berlimpah tersebut dapat dijadikan sirup buah yang menyegarkan sehingga dapat meningkatkan daya jual buah naga tersebut dengan demikian dapat menstabilkan harga buah naga dipasaran. Tujuan dan manfaat dari penelitian ini adalah memanfaatkan buah naga sebagai sirup meningkatkan nilai gizi sirup buah naga dengan madu, meningkatkan nilai ekonomi buah naga dalam bentuk produk olahan berupa sirup.
Buah naga dengan segala keunggulannya kami coba kombinasikan dengan madu yang kaya akan khasiatnya untuk dijadikan sirup. Sirup adalah cairan yang kental dan memiliki kadar gula terlarut yang tinggi, namun hampir tidak memiliki kecenderungan untuk mengendapkan kristal. Olahan buah naga menjadi sirup ini diharapkan mampu meningkatkan daya jual buah naga tersebut. Apalagi dikombinasikan dengan madu yang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya bagi tubuh manusia.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah kami lakukan maka dapat disimpulkan bahwa buah naga dapat diolah menjadi sirup dengan melakukan pengepresan daging buah dan pemekatan dengan pemanasan, sirup buah naga dengan kombinasi madu dapat menghasilkan kandungan gizi yang lebih kaya dan bermanfaat bagi kesehatan manusia, upaya peningkatan nilai ekonomi buah naga dapat dilakukan dengan pengolahan buah naga menjadi sirup dengan kombinasi madu.

 

No comments:

Post a Comment