Monday, October 18, 2010

TIPS MEMBUAT EMAIL

Apa yang anda pakai untuk proses pendaftaran setiap aplikasi web? Tentunya sebuah email bukan? Email adalah identitas, sekaligus alat komunikasi yang paling mendasar bagi pengguna internet.

Gmail 512px - See description for download by autodafe0728Email adalah identitas online anda. Ada berbagai hal dalam membuat blog, seperti misalnya kiriman notifikasi, yang memerlukan alamat surat elektronik (e-mail). Maka dari itu, untuk membuat blog, pastikan anda sudah memiliki alamat email yang dapat anda akses. Jika anda sudah memiliki alamat email yang dapat diakses, anda dapat melewat tulisan ini. Namun jika anda belum memiliki alamat email atau sudah punya alamat email namun tidak bisa mengaksesnya karena anda lupa passwordnya atau karena alasan apapun itu, segera miliki alamat email!
Caranya?
Salah satu cara termudah adalah membuat dan memiliki account di penyedia jasa email gratis. Ada banyak penyedia jasa email, namun ada 3 peyedia jasa email besar yang menyediakan layanan email yang gratis:
  1. Yahoo! Mail dari Yahoo!
  2. Gmail dari Google
  3. Hotmail dari Microsoft
Masuki salah satu dari tiga layanan email diatas, lalu buat account layanan dengan menekan link Sign Up/Create an Account. Setelah itu, isikan kolom-kolom data dengan informasi yang sesuai dan penuhi perintah yang diinginkan.
Masing-masing layanan memiliki keunikannya masing-masing yang membuatnya berbeda dengan layanan yang lain. Sebagai contoh, saya pribadi merekomendasikan gmail karena kekayaan fiturnya, kemampuannya mengelola email dengan fitur tagging, fitur filter dan langkahi inbox, email yang disusun secara threaded, serta integrasinya dengan berbagai produk google yang lain melalui Google Account.
Yahoo! Mail juga memiliki kelebihan yaitu populer di area asia tenggara, terintegrasi dengan berbagai layanan yahoo lain seperti Yahoo! Messanger yang sangat populer melalui Yahoo! Account, tampilan antarmuka yang relatif lebih sederhana, tersedianya tampilan klasik menggunakan html, dan lain-lain. Sementara hotmail, hingga detik ini saya belum pernah mencobanya karena sepengetahuan saya secara fitur tidak terlalu menawarkan kelebihan dibandingkan dengan Yahoo! Mail dan Gmail.

4 Tips Memilih Alamat Email

Apapun pilihan layanan email anda, anda akan dihadapi dengan satu pekerjaan yang sama: memilih alamat email. Sebenarnya anda bisa memilih alamat email secara bebas sesuai dengan aturan masing masing layanan (umumnya aturan terebut berbunyi: alamat terdiri dari karakter alfabet, angka, dan titik (.) ). Namun akan lebih bijak jika anda mengikuti tips memilih alamat email sederhana ini:
  1. Mewakili identitas diri anda. Alamat email adalah identitas anda dan menunjukan karakter anda. Jangan ngasal dalam mencitrakan diri anda. Alamat email bernada negatif seperti pria.sakit.tanpa.harapan@gmail.com adalah ide buruk
  2. Sependek dan Sesimpel mungkin. Untuk apa panjang-panjang?
  3. Mudah diucapkan. Agar anda mudah mengucapkannya jika anda hendak memberitahukan alamat email anda kepada orang lain.
  4. Akan sangat bijak jika anda menggunaan nama anda untuk nama alamat email anda: Nama anda mewakili identitas diri anda, simpel dan lebih mudah diingat oleh orang lain

No comments:

Post a Comment